Camat Tanjungpinang Timur Gelar Rakor Pencegahan Stunting

Tanjungpinang – Camat Tanjungpinang Timur Dody bersama Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) se-Kecamatan Tanjungpinang Timur melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) upaya pencegahan dan penanganan penurunan angka stunting di wilayah setempat, Jumat (17/12/2021).

Dody mengatakan, rapat koordinasi tersebut bertujuan untuk mencegah penambahan angka stunting di wilayah Tanjungpinang Timur.

Ia menjelaskan, dalam upaya pencegahan dan penanganan penurunan stunting tersebut pihaknya akan melakukan beberapa inovasi diantaranya pengesahan tim pendamping keluarga kelurahan.

Menurutnya, tim pendamping ini bertugas melakukan pendampingan kepada sasaran masyarakat seperti calon pengantin, remaja, ibu hamil, ibu menyusui, bayi 0-59 bulan, dengan cara mengidentifikasi faktor resiko stunting dan melakukan pelayanan komunikasi, informasi, edukasi, pelayanan kesehatan dan pelayanan lainnya.

“Kemudian melakukan percepatan pembentukan forum posyandu baik di tingkat Kelurahan maupun Kecamatan,” ucapnya.

Selanjutnya, akan dilakukan percepatan pembentukan Bina Keluarga Balita (BKB) dan BKB Holistik Integratif di masing-masing Kelurahan.

Tujuannya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua untuk mengasuh dan membina tumbuh kembang anak melalui kegiatan stimulasi fisik, mental, intelektual, emosional, spiritual, sosial dan moral.

Selain itu, juga akan memberikan  makanan tambahan bagi balita di posyandu, PAUD dan BKB dan penerapan aplikasi elsimil bagi para calon pengantin yang merupakan sasaran pendampingan.

“Peran TP PKK Kecamatan dan PLKB sebagai mitra kerja Pemerintah khususnya Kecamatan Tanjungpinang Timur diharapkan terus bersinergi sehingga tercapai tujuan penurunan angka stunting di Kecamatan Tanjungpinang Timur,” imbuhnya.

Sumber : Dinas Kominfo

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *