Puluhan Napi Rutan Tpi Dipindahkan ke Lapas

TANJUNGPINANG (KR)- Rumah Tahananan Negara (Rutan) Kelas I Tanjungpinang kembali melakukan pemindahkan puluhan Napi selaku
Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tanjungpinang.

Pemindahan ini dilakukan bukan hanya sekedar mengurangi kapasitas, namun juga untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban serta program pembinaan untuk WBP.

“Dalam proses pemindahan WBP ini dibantu 2 personel kepolisian dengan menggunakan dua buah kendaraan. Pemindahan ini sebagai langkah deteksi dini terhadap gangguan keamanan ketertiban,” kata Kepala Rutan Kelas I Tanjungpinang, Eri Erawan, Kamis (17/2/2022).

Proses pemindahan puluhan Napi di Rutan Kelas I Tanjungpinang ke Lapas, guna mengurangi kapasitas dan juga untuk mengantisipasi gangguan keamanan mengantisipasi

Eri memaparkan, saat ini total jumlah WBP di Rutan Kelas I Tanjungpinang sebanyak 323 orang, dengan kapasitas 350 orang.

“Pemindahan ini tentunya dilakukan bagi WBP yang yang telah memiliki keputusan berhukum tetap,”terang Eri.

Ia menyebutkan, proses pemindahan WBP tersebut di lakukan secara bertahap, sejak Senin (14/2) jumlah WBP dipindahkan dari Rutan Kelas I Tanjungpinang ke Lapas Tanjungpinang sebanyak 14 orang, kemudian Rabu (16/2) kembali dilaksanakan pemindahan WBP, khusus kasus Narkotika sebanyak 15 orang ke Lapas Narkotika Tanjungpinang.

“Proses kepindahan akan terus dilakukan bila WBP telah lengkap semua proses berkasnya.”kata Eri.

Hal senada ditambahkan Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (KPR) Tanjungpinang, Al Imran yang menjelaskan skenario pemindahan WBP tersebut dilakukan secara matang.

Ia menjelaskan, sebelum diberangkatkan untuk pemindahan, para WBP tersebut lebih dulu dikumpulkan dan dilakukan pemeriksaan kesehatan dan swab antigen. Proses pemindahan tersebut berjalan lancar dan sekarang para WBP tersebut sudah diserahterimakan kepada Lapas.

“Alhamdulillah perjalanan lancar dan kami mendapatkan laporan dari anggota yang melakukan pengawalan saat ini mereka sudah tiba dan diserah terimakan di Lapas tujuan,”pungkasnya (r)

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *