Rutan Tanjungpinang Lakukan Pengetatan Penerimaan Tahanan Baru

TANJUNGPINANG (KR) – Rutan Kelas I Tanjungpinang melakukan pengetatan SOP penerimaan tahanan baru. Hal itu dilakukan seiring tingginya kasus terkonfirmasi COVID-19.

“Tahanan baru yang masuk akan kami tempatkan pada ruang isolasi selama 14 hari dan akan diawasi petugas sehingga tidak ada kontak langsung dengan WBP lainnya,” kata Kepala Rutan Eri Erawan.

Rutan Kelas I Tanjungpinang melakukan pengetatan SOP penerimaan tahanan baru. Hal itu dilakukan seiring tingginya kasus terkonfirmasi covid-19, Kamis (17/2/2022)

Sementara terkait meminimalisir penyebaran COVID-19 di UPT Pemasyarakatan, pihaknya membuka layanan pemasyarakatan berbasis teknologi informasi seperti kunjungan online bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP), sidang perkara pidana, pengawasan dan pembimbingan.

“Kedisiplinan penerapan protokol kesehatan seperti 5M dan 3T merupakan hal penting yang selalu disosialisasikan, terutama kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) untuk mencegah penyebaran COVID-19,” ujarnya.

Kepala Rutan Kelas I Tanjungpinang Eri Erawan mengatakan, pihaknya telah menyiapkan tempat isolasi bagi tahanan baru dengan kapasitas 30 orang WBP.

“Tempat kita yang terbatas. Biasanya di kita menerima tahanan baru per dua Minggu sekali atau perbulan sekali. Mereka biasanya kirim 10 sampai 20 orang tahanan baru sekali,” ujar Eri Erawan

Mekanisme SOP terhadap tahanan baru yang dikirim ke Rutan akan mengikuti prosedur prokes yang telah ditetapkan di sejumlah Rutan dan Lapas.

“Sementara kita masih menerima titipan tahanan baru di masa pandemi COVID-19. Hari ini kita menerima 16 Tahanan Baru dari Polres Bintan. Nakes kita Juga sudah siap dan standby saat penerimaan. Mereka dicek suhu tubuhnya, di swab, cek data, cuci tangan, pemeriksaan kesehatan, pencatatan data di registrasi sesuai atau tidak dan dimasukan ke ruang isolasi. Sarana penunjang sudah disiapkan seperti baju, matras dan ruangan terpisah dengan tahanan yang lain,” tutupnya (r)

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *