Peduli UMKM, Lapas Narkotika Tanjungpinang Serahkan 3 Unit Gerobak Usaha ke Mantan Napi

BINTAN (KR) – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas II A Tanjungpinang menyerahkan bantuan 3 unit gerobak usaha kepada mantan narapidana (Napi) narkoba yang telah menghirup udara bebas, Senin (18/4/2022).

Kegiatan tersebut sebagai salah satu rangkaian memperingati hari bakti Pemasyarakatan ke 58 dalam bentuk peduli UMKM mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat yang merupakan program pemerintah secara nasional dan dalam hal ini bagi mantan Napi yang pernah mendekam di Lapas Narkotika Kelas II A Tanjungpinang.

  • Lembaga Pemasyarakatan (Narkotika) Kelas II A Tanjungpinang menyerahkan bantuan 3 unit gerobak usaha kepada mantan narapidana (Napi) narkoba yang telah menghirup udara bebas, Senin (18/4/2022).

Penyerahan bantuan gerobak usaha peduli UMKM tersebut langsung dipimpin Plt Kakanwil Hukum dan HAM Kepri, Agung Rektono Seto kepada mereka yang berhak menerima, disusul Kadivpas Kepri, Dwinas Titi dan Kalapas Kelas II Narkotika Tanjungpinang, Wahyu Prasetyo.

Dalam kesempatan tersebut, Kalapas Narkotika Kelas II A Tanjungpinang Wahyu Prasetyo mengungkapkan bahwa bantuan gerobak peduli UMKM tersebut diperoleh dari hasil pengumpulan pemotongan gaji dari pegawai Lapas secara sukarela setiap bulannya dengan istilah bersama kita peduli (Bertali) yang untuk tahun ini dapat digunakan untuk pembuatan gerobak bagi mantan atau keluarga binaan yang membutuhkannya untuk usaha berjualan.

“Sebagaian dana yang terkumpul dari kegiatan Bertali tersebut untuk tahun ini kita gunakan pembuatan gerobak usaha bagi keluarga binaan yang memerlukan, sedangkan sebagian dana yang tersisa akan kita gunakan untuk kegiatan bakti sosial lainnya. Hal ini sebagai wujud kepedulian kita terhadap kepada keluarga maupun warga binaan yang sudah bebas menjalani hukuman,”ungkap Wahyu.

Lebih lanjut disampaikan, bahwa kedepan pihaknya bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk membantu kegiatan bakti sosial di Lapas Narkotika ini,termasuk menambah bantuan pembuatan gerobak usaha sebanyak 7 unit lagi bagi keluarga binaan yang membutuhkan.

Lembaga Pemasyarakatan (Narkotika) Kelas II A Tanjungpinang menyerahkan bantuan 3 unit gerobak usaha kepada mantan narapidana (Napi) narkoba yang telah menghirup udara bebas, Senin (18/4/2022).

“Kalau 3 unit gerobak usaha ini merupakan murni hasil pengumpulan dana dari pegawai Lapas Narkotika Tanjungpinang. Artinya kegiatan ini dari kita untuk kita. Sedangkan 7 unit gerobak usaha kedepannya merupakan hasil kerjasama kita dengan Baznas,”ungkap Wahyu

Ditempat yang sama, Plt.Kakanwil Agung Rektono Sekto, S.E.,Msi dalam sambutannya berharap agar kegiatan ini dapat dijadikan jembatan meningkatkan hubungan silahturahmi antara Lapas Narkotika dengan warga binaan yang pernah berada di dalam Lapas ini.

“Alhamdulillah, kegiatan ini sangat luar biasa. Lapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang walaupun warga binaannya sudah bebas, namun masih tetap dibina. Melalui penyerahan bantuan ini hendaknya juga dapat menjadikan sebagai penyambung tali silahturahmi antara Lapas Narkotika dengan warga binaan yang pernah berada dalam Lapas ini, ” ujar Agung.

Selain itu Agung juga berharap dengan adanya bantuan ini dapat menjadi bekal Narapidana di luar Lapas Narkotika dalam usaha menambah penghasilan keluarga.

“Diharapkan dengan adanya bantuan ini dapat menjadi bekal bagi warga binaan untuk dapat berkarya di luar Lapas Narkotika, dan mudah – mudahan itu menjadi langkah pemulihan ekonomi nasional sehingga segala sesuatu yang dilakukan dapat menggerakkan ekonomi membawa keadaan yang lebih baik lagi, dan diharapkan ini bukan yang pertama seperti yang sudah ditunjuk oleh pak Kalapas, nanti ini akan ada lagi dan berkelanjutan, ” pungkasnya

Kegiatan penyerahan bantuan 3 unit gerobak usaha tersebut juga ditandai melalui penandatanganan berita acara penyerahan kepada keluarga atau mantan warga binaan yang mendapatkan bantuan. Hal ini juga diharapkan sebagai bukti, bantuan yang diberikan dapat memberikan manfaat dan hasil yang lebih baik bagi keluarga binaan itu sendiiri kedepannya. (as)

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *