Bakal Gelar Lomba Perahu Jong, Sirajudin Nur: Sangat Perlu Melestarikan Budaya Daerah

KARIMUN (Kepriraya.com) – Anggota DPRD Provinsi Kepri Sirajudin Nur bakal menggelar lomba Perahu Jong di Desa Pauh, Kecamatan Moro, Kabupaten Karimun pada Sabtu (30/7).

Sirajudin menyebut, kegiatan lomba Jong itu sengaja dilaksanakan dalam rangka menggelorakan semangat dan upaya pelestarian budaya Kepulauan Riau (Kepri).

Anggota DPRD Kepri, Sirajudin Nur. 

“Jong atau Perahu Jong merupakan permainan tradisional di Kepulauan Riau. Bisanya, permainan ini dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di pesisir (hinterland),” terang Sirajudin, dikonfirmasi, Sabtu (16/7).

Masih kata dia, lomba yang mempertandingkan kategori Jong sedang dan Jong kecil ini memperebutkan ‘Piala Sirajudin Nur’ dan sejumlah uang tunai untuk pemenang masing masing kategori.

“Insya Allah saya bakal hadir membuka langsung omba Jong itu nanti,” ucapnya.

Seoerti diketahui, Sirajudin Nur selama ini dikenal aktif menginisiasi kegiatan kebudayaan sejak duduk menjadi anggota DPRD Provinsi Kepri.

Salah satu hasil karyanya yang cukup dikenal adalah Festival Kepri Berkompang Tingkat Internasional yang digelar sejak tahun 2016-2017 dan 2018.

Selain itu ia juga aktif membina lembaga kesenian dan memfasilitasi bantuan sarana prasarana kesenian kepada pegiat seni budaya.

“Sebagai orang daerah, tentu saya senang bisa berkontribusi untuk kemajuan daerah. Kepri kita ini kaya akan khasanah budaya, dan wajib untuk kita lestarikan dan kembangkan. Tahun ini saya laksanakan dua even kebudayaan, Lomba Jong dan Festival Kepri Berkompang di Karimun,” ujarnya.

Ia berharap agar momentum ini menjadi inspirasi semua pihak terutama pemerintah daerah agar melestarikan budaya daerah.

“Semoga kegiatan seperti ini bisa memberi inspirasi agar lebih banyak lagi masyarakat kita termasuk pemerintah daerah ikut terlibat dalam upaya pelestarian budaya daerah. Kebudayaan itu modal dasar dalam membangun daerah,” harapnya.(afr)

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *