Pemudik Tahun Ini Ditaksir Capai 79 Juta Orang

JAKARTA (KR)- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediki, pemudik lebaran tahun ini diperkirakan akan mencapai 79 juta orang.Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengungkapkan, Kemenhub akan melakukan sejumlah persiapan untuk mengantisipasi lonjakan pemudik.

“Kami tengah menyiapkan surat edaran petunjuk teknis pelaksanaan perjalanan di masa mudik dengan merujuk pada surat edaran dari Satgas Penanganan Covid-19,” ujarnya dalam keterangannya, Sabtu (2/4/2022).

Lebih lanjut Budi mengatakan, pemerintah dikabarkan tidak akan melakukan penyekatan untuk mudik tahun ini.

Meskipun demikian, Kemenhub akan tetap berkoordinasi bersama TNI, Polri, Kementerian Kesehatan dan Pemerintah Derah untuk memeriksa sejumlah titik seperti rest area, termina, dan jembatan timbang. Hal ini dilakukan guna memastikan protokol kesehatan tetap dipatuhi.

Sementara itu, Kemenhub juga melakukan sejumlah persiapan keselamatan di antaranya melakukan pemeriksaan kesehatan kepada awak transportasi

Selama mudik nanti, upaya menjaga keamanan dan kelancaran juga telah disiapkan Kemnhub. Seperti manajemen rekayasa lalu lintas hingga pengaturan terhadap kendaraan barang seperti pembatasan kendaraan barang sumbu 3 dan pembatasan waktu operasional kendaraan barang.

Peran serta dan dukungan masyarakat dengan menjadi pemudik yang bertanggung jawab, menjadi faktor penting dalam mewujudkan perjalanan mudik yang selamat, aman, nyaman, sehat, dan tidak terjadi peningkatan kasus Covid-19 usai masa mudik,” ungkapnya. *

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *