Pjs Walikota Pekanbaru Muflihun Tinjau Normalisasi Sungai di Kecamatan Tenayan Raya

PEKANBARU (Kepriraya.com) – Pjs Walikota Pekanbaru, Mufihun secara langsung meninjau kegiatan normalisasi salah satu sungai di Kecamatan Tenayan Raya, Senin (30/5/2022)

Hal itu sebagai salah satu program Mufihun setelah dilantik menjadi Pjs Walikota Pekanbaru, sekaligus upaya mengatasi banjir yang menjadi kecemasan masyarakat ketika hujan deras yang turun di daerah tersebut selama ini.

“Tidak ada target tertentu dalam normalisasi sungai sungai yang ada di Pekanbaru, karena ini menyangkut dengan keterbatasan anggaran dan alat berat yang akan mengerjakan pengerukan sungai itu sendiri,”kata Mufihun

Dikatakan, normalisasi sungai yang dilakukan ini salah satu cara mengatasi banjir yang ada di lingkungan sekitar aliran sungai disamping cara lain yang akan dilakukan.penyebab utama dari hal itu.

“Hal itu bisa juga disebabkan sedimentasi atau pendangkalan alur sungai akibat dari sampah yang terbawa oleh arus sungai,”tuturnya.

Terpisah, salah satu warga kepada awak kepriraya.com mengungkapkan, ada beberapa unit rumah yang terendam ketika banjir melanda daerah tersebut.

“Tidak berapa jauh dari aliran sungai tesebut ada komplek perumahan Villa Sakura yang kalau ketika air meluap naik sampai ke rumah mereka,”ungkap warga yang enggan disebutkan identitasnya ini. 

Pantaua awak media kepriraya.com melihat kondisi langsung pada daerah aliran sungai tersebut, memang benar adanya kondisi tersebut.

Sebelum dilakukan pengerukan terlihat memang komplek perumahan itu lebih rendah, sehingga ketika air pasang dan meluap maka jelas saja beberapa rumah yang lebih rendah akan kebanjiran.

Hal lain di tegaskan oleh Pjs Walikota Pekanbaru Muflihun menghimbau warga tidak membuang sampah ke sungai.agar sungai sungai yang ada di kota Pekanbaru menjadi bersih dan tidak lagi terjadi kebajiran.

“Tim PUPR Pekanbaru sudah melakukan normalisasi disejumlah sungai, dan terus kita lakukan. Semoga langkah ini bisa mengurangi banjir yang ada di Kota Pekanbaru,”harapnya (Jdi) 

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *