BINDA Kepri dan Dinkes Batam Kembali Gencarkan Vaksinasi Covid-19

Kepriraya.com BATAM – Aktivitas perkantoran dan kegiatan pembelajaran kembali berjalan normal usai libur Idul Fitri dan cuti bersama, pada Senin (09/05/2022).

Kondisi tersebut tidak menyurutkan komitmen pemerintah untuk kembali melanjutkan kegiatan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat, seperti yang dilaksanakan Binda Kepri bekerjasama dengan Dinkes Batam.

Pada hari pertama kerja, Senin (09/05/2022), kegiatan vaksinasi Covid-19 digencarkan serentak di sejumlah titik, yakni selain pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas, juga dilakukan vaksinasi massal di Grand Mall Batam, Mall Botania 2 dan lapangan futsal SP Plaza Batuaji.

Kabinda Kepri, Birgjen Pol. R.C. Gumay mengatakan agar masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dan tidak ragu untuk divaksin dalam rangka mewaspadai lonjakan kasus Covid-19 yang berpotensi terjadi pasca libur panjang Idul Fitri.

“Berkaca pada tahun-tahun sebelumnya dimana kasus Covid-19 mengalami lonjakan pasca libur Idul Fitri, oleh karena itu kita harus melakukan upaya preventif agar hal tersebut tidak terjadi kembali tahun ini, yakni tetap menerapkan protkes dan melanjutkan vaksin,” terangnya.

Meskipun kasus Covid-19 telah menunjukkan penurunan signifikan, Gumay menegaskan, masyarakat dihimbau untuk tetap mewaspadai lonjakan kasus Covid-19 terutama di daerah perbatasan, seperti wilayah kota Batam, Provinsi Kepri.

“Pelonggaran kebijakan perjalanan penumpang telah memicu peningkatan mobilitas masyarakat dari dalam dan luar negeri menuju Batam sehingga rawan terhadap penyebaran Covid-19,” imbuhnya.

Ia menghimbau masyarakat yang belum mendapat dosis lengkap vaksin untuk mendatangi sentra vaksinasi, begitu juga yang belum mendapat booster agar tidak ragu mengikuti vaksinasi booster.

Sesuai data Dinas Kesehatan Kepri, masyarakat Kepri berusia di atas 18 tahun yang belum mendapat dosis 2 vaksin tercatat 16,10 persen atau 221.086 orang. Sementara yang belum mendapat booster sebanyak 59,15 persen atau 812.326 orang.

Sedangkan bagi anak berusia 6-11 tahun yang belum mendapat dosis 1 sebanyak 10,78 persen atau 23.906 orang dan belum mendapat dosis 2 sebanyak 27,67 persen atau 61.335 orang. Sementara masyarakat berusia 12-17 tahun yang telah mendapat dosis 1 sudah melebihi target yang ditetapkan, namun yang belum mendapat dosis 2 tercatat sebanyak 6,94 persen atau 14.410 orang.

Salah satu peserta vaksinasi, Muhammad Hafis mengucapkan terima kasih atas dukungan pemerintah yang memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapat vaksin.

“Terima kasih kepada Bapak Presiden dan Bapak Kabin yang terus mendukung pelaksanaan vaskinasi, tetap kita patuhi protokol kesehatan, pasca lebaran ini kita juga tetap harus vaksin, baik dosis 1, 2 dan booster,” ujar Hafis usai mendapat booster, pada Senin.

Tim Publikasi Panitia Vaksinasi Binda Kepri

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *