Danramil 01/Kota Tanjungpinang dan Danramil 03/Binut Tanamkan Wawasan Kebangsaan ke Siswa Baru SMA

TANJUNGPINANG (Kepriraya.com) – Danramil 01/Kota Tanjungpinang dan Danramil 03/Bintan Utara (Binut) memberikan materi tentang odeologi Pancasila guna menanamkan semangat kebangsaan kepada siswa baru dimasing-masing sekolah yakni, SMKN 1 Tanjungpinang dan SMAN 1 Binut, Kamis (14/7 /2022).

Di SMKN 1 Tanjungpinang, Danramil 01/Kota yakni Kapten Inf Herwansyah Putra didampingi Babinsa T. Ayun Sakti Kopda Nuriino menyampaikan tentang pentingnya wawasan kebangsaan dalam berbangsa dan bernegara.

Menurut Danramil ini, karena didalamnya mengamanatkan seluruh bangsa agar menempatkan persatuan dan kesatuan, kepentingan serta keselamatan Bangsa di atas kepentingan pribadi dan golongan.

“Wawasan kebangsaan juga telah mengembangkan Indonesia sedemikian rupa sehingga Bhineka Tunggal Ika dipertahankan sampai sekarang,” ujarnya.

Lanjutnya, tujuan terselenggaranya kegiatan tersebut sebagai pendorong para siswa meningkatkan kembali minat masyarakat terhadap pemaknaan nilai-nilai Pancasila. Dan Pancasila dan UUD 1945 sebagai dasar negara wajib selalu dipegang teguh.

“Dengan pemberian materi ini, saya berharap agar siswa – siswi dapat memahami Nilai-nilai luhur ketatanegaraan untuk mewujudkan kehidupan bangsa dan negara Indonesia,” ucap Danramil.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN 1 Tanjungpinang Ibu Delisbeth, M.Pd mengucapkan terima kasih kepada Komandan Koramil 01/Kota dan Jajaran yang sudah bersedia meluangkan waktunya untuk memberikan materi tentang ideologi Pancasila/Wawasan Kebangsaan serta Materi PBB yang digelar beberapa hari lalu terhadap siswa siswi baru di SMKN 1 Tanjungpinang dalam rangka Pengenalan Lingkungan sekolah (PLS).

Ditempat terpisah, Danramil 03/Binut Kapten Inf Suherman memberikan pembekalan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada siswa baru SMAN 1 Binut.

Pada kesempatan tersebut, Suherman juga menjelaskan tentang unsur-unsur semangat kebangsaan serta Ideologi dasar negara, termasuk penjelasan semangat kebangsaan merupakan perpaduan dari rasa dan paham melahirkan loyalitas tertinggi sehingga memunculkan semangat untuk mencintai NKRI.

Ia juga menyampaikan bahwa pada situasi yang cukup muda di usia para pelajar, dengan banyaknya pengaruh perkembangan globalisasi maka butuh pemahaman tentang Wasbang dan bela negara untuk meningkatkan cinta tanah air.

“Sehingga dimasa yang akan datang dapat bertanggung jawab kepada dirinya sendiri untuk mencapai cita-cita,” ungkapnya (Asf).

(Pendim/0315)

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *